Harga Ikan Nemo

Ikan nemo memiliki nama lain ikan badut atau ikan giru. Ikan kecil yang satu ini banyak digemari oleh masyarakat terutama anak-anak.

Karena karakter ikan nemo dalam film “Finding Nemo” yang sangat lucu menjadikan ikan ini menjadi salah satu ikan hias laut yang cukup populer.

Untuk mengetahui kisaran harga ikan nemo, Suka Ikan telah merangkumnya dalam ulasan dibawah ini.

Ikan hias air laut yang satu ini kerap dijumpai di Laut Merah, Great Barrier Reef di timur laut Benua Australia, Laut Jepang, dan kawasan Indo-malaysia.

Di Indonesia sendiri jenis ikan hias ini banyak diminati masyarakat. Karena bentuk tubuhnya yang kecil dan gemuk menyerupai Badut, ikan ini juga memiliki corak warna yang cantik. Itulah yang menjadi daya tarikikan nemo.

Di Indonesia harga ikan nemo relatif stabil, mulai dari seratus ribu hingga ratusan ribu, bahkan ada yang harganya sampai jutaan rupiah.

Untuk harga ikan nemo air tawar tentunya lebih terjangkau. Biasanya ikan nemo air tawar dijual dengan harga Rp 30.000 sampai Rp 50.000 per ekornya.

Murahnya harga ikan nemo air tawar tentu disesuikan dengan ekosistemnya yang mudah dijangkau oleh pencari ikan.

Di pasaran ikan nemo dijual dengan harga murah karena kebanyakan penjual masih menjual ikan nemo dengan rentan usia 2 sampai 4 bulan saja.

Usia ikan yang masih kecil juga menjadi salah satu penentu harga ikan nemo dipasaran.

Selanjutnya, untuk lebih mengenal lebih jauh tentang ikan nemo berikut ini ulasan mengenai ciri-ciri dan jenis ikan tersebut.

Ciri Ciri Ikan Nemo

Ikan Hias Nemo
  • Tubuhnya berbentuk bulat
  • Umumnya berwarna kuning, merah, putih, hitam dan orange
  • Memiliki motif garis ditubuhnya yang dapat memberi efek menyala
  • Siripnya relatif besar dan memiliki sirip dorsal yang unik
  • Ikan nemo pada umumnya terakhir sebagai pejantan dan akan pernah jenis kelamin ketika sudah dewasa.
  • Ukuran maksimal tubuhnya sekitar 10 sampai 18 sentimeter

Jenis Jenis Ikan Nemo

1. Amphiprion Chagosensis

Amphiprion Chagosensis

Ikan nemo jenis ini merupakan ikan nemo yang paling banyak ditemukan di Perairan Samudra Hindia dan sebagian kecil perairan Indonesia.

Ukuran tubuh ikan ini antara 10 sampai 18 sentimeter dengan warna dasar orange, merah, kuning, merah kehitam-hitaman serta dua corak putih pada tubuhnya.

Di setiap corak putih terdapat tepian berwarna coklat muda hingga hitam. Untuk Siripnya sendiri memiliki warna coklat kehitaman.

2. Amphiprion Sebae

Amphiprion Sebae

Ikan nemo yang satu ini biasanya hidup dengan anemon. Dari segi ukuran tubuh ikan ini memiliki panjang mencapai 14 cm dan memiliki duri punggung sekitar 10 sampai 11 duri.

Untuk warna, ikan nemo sebae ini memiliki warna hitam atau coklat tua dengan warna kuning pada kedua sirip dada dan sirip ekornya. Kemudian dilengkapi juga corak warna putih pada tubuhnya.

Baca Juga : Perbedaan Ikan Nemo Air Tawar dan Laut

3. Ocellaris Clownfish

Ocellaris Clownfish

Ocenallaris clownfish atau Amphiprion ocellaris adalah ikan nemo yang memiliki hubungan dekat dengan ikan premnas. Ikan nemo jenis ini dapat ditemukan di Australia Utara, Asia Tenggara, dan Jepang.

Ikan nemo jenis ini memiliki bentuk tubuh oval dan gempal. Ukuran tubuhnya dapat mencapai 11 cm ketika dewasa.

Jika dilihat dari segi warna kita akan kesulitan untuk membedakannya dengan ikan nemo orange clownfish. Hal tersebut dikarenakan kedua ikan memiliki warna yang sama persis.

Perbedaan keduanya terletak pada garis hitam ikan nemo ocellaris yang lebih tebal dan memiliki sirip punggung yang lebih tinggi jika dibandingan dengan orange clownfish.

4. Orange Clownfish

Orange Clownfish

Secara umum ikan nemo jenis ini lebib banyak dikenal dikalangan pencinta ikan karena dapat dibudidayakan di dalam akuarium.

Dalam pemeliharaannya ikan nemo orange merupakan jenis ikan yang rumit, karena membutuhkan ketelatenan yang tinggi ketika dibudidayakan.

Meskipun tergolong rumit dalam pemeliharaannya ikan nemo yang satu ini banyak digemari oleh para kolektor.

Selain karena gerakannya yang Lincah, warna tubuhnya yang cerah menjadi alasan utama dan daya tarik tersendiri bagi pencintanya.

5. Amphiprion Polymnus

Amphiprion Polymnus

Amphiprion polymnus dikenal juga dengan nama clowngish saddleback atau ikan nemo kuning.

Ikan ini adalah ikan nemo yang memiliki perpaduan warna hitam dan putih serta memiliki ciri khas lain yakni moncong ikan ini berwarna kuning hingga kejingga-jinggaan.

Ukuran tubuh ikan nemo kuning dapat mencapai panjang sekitar 13 cm, dimana ukuran betina biasanya lebih panjang dan besar dibandingkan dengan pejantannya.

Baca Juga : Makanan Ikan Nemo

6. Premnas Biaculeatus

Premnas Biaculeatus

Jenis ikan nemo yang satu ini memiliki nama lain dengan sebutan ikan anemon merah marun. Sesuai dengan sebutannya ikan ini memiliki corak unik berwarna merah marun yang berpadu dengan warna putih.

Dengan ukuran tubuh yang dapat mencapai 17 cm Ikan nemo merah marun ini bisa kita temukan diperairan Indo-Pasifik yang dimulai dari Lautan sebelah barat Indonesia sampai Taiwan dan kawasan coral sea.

Gimana lucu semua kan ikan nemonya? Kamu tertarik untuk pelihara ikan nemo jenis apa?

Biar gak ragu lagi buat pelihara ikan hias ini di rumah, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu kisaran harga ikan nemo yang dijual dipasaran, berikut daftar harganya :

Harga Ikan Nemo

Jenis Ikan NemoHarga
Orange Clownfish Size SmallRp 10.000 – Rp 15.000
Orange Clownfish Size DewasaRp 30.000 – Rp40.000
Nemo BlackhalfRp 100.000 – Rp 140.000
Nemo PlatinumRp 300.000 – Rp350.000
Nemo Lightning MaroonRp 500.000 – Rp 600.000
Nemo Percula BlackRp 350.000 – Rp 450.000
Nemo PicassoRp 500.000 – Rp 700.000
Nemo Premnas BiaculeatusRp 700.000 – Rp 900.000

Itulah pembahasan mengenai Daftar Harga Ikan Nemo yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informani ini dapat menambah wawasan bagi kamu. Sekian dari kami, Terima kasih.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.