Ikan Platy Mickey Mouse

Diposting pada

Ikan Platy Mickey Mouse merupakan salah satu jenis ikan platy yang cukup populer dan memiliki ciri khas yang unik dibandingkan dengan ikan hias.

Ikan hias cantik yang satu ini memiliki karakteristik kecil dan mungil serta menggemaskan seperti halnya kartun mickey mouse. Ikan hias yang satu ini memang sangat degemari dan cocok banget untuk hiasan di dalam rumah.

Ciri Ciri Ikan Hias Mickey Mouse

Ciri Ikan Platy Mickey Mouse

Salah satu ciri khas dari ikan platy mickey mouse adalah adanya bulatan hitam pada pangkal ekornya, terdapat 3 bulatan, yang terdiri dari 1 bulatan besar dan 2 bulatan kecil.

Karena 3 bulatan yang menyerupai bentuk kepala tokoh kartun mickey mouse inilah pemberian nama ikan ini bermula.

Ikan mickey mouse ini dikenal memiliki banyak varian warna yang semuanya sangat cantik dan mungil mungil. Beberapa warna ikan ini yang cukup populer diantaranya adalah merah oranye, kuning emas agak pucat, serta putih kebiru biruan.

Dan jika ingin memelihara ikan hias ini, akan lebih bagus jika dipelihara secara berkelompok dalam jumlah yang banyak.

Habitat Ikan Hias Mickey Mouse

Habitat Ikan Mickey Mouse

Ikan hias cantik ini merupakan ikan yang berasal dari perairan amerika utara dan tengah, tepatnya dari Ciudad Veracruz, Meksiko ke utara Belize di Amerika Tengah.

Ikan ini memiliki nama latin Xiphophorus Maculatus, yang merupakan hasil keturunan dari spesies ikan platy. Ikan Mickey Mouse memiliki beberapa nama dalam bahasa inggris, diantaranya adalah Mickey Mouse Platy dan Golden Moon Platy.

Perbedaan Ikan Mickey Mouse Jantan dan Betina

Cara paling mudah membedakan antara ikan mickey mouse jantan dan betina adalah dengan melihat bentuk tubuhnya, Ikan Jantan memliki warna yang lebih cerah dan ukuran ikan lebih ramping daripada ikan betina.

Selain itu dari segi interaksi, ikan jantan akan lebih agresif daripada sang betina.

Dan dari segi fisik ikan betina memiliki badan yang lebih gemuk daripada ikan hias platy jantan. Tentu kamu sudah bisa membedakan keduanya bukan?

Cara Memelihara Ikan Hias Mickey Mouse di Akuarium

Memelihara Ikan Mickey Mouse di Akuarium

Sebelum memelihara ikan hias tentunya kamu harus mempersiapkan akuarium yang cukup luas untuk ikan mickey mouse ini, setidaknya jika memelihara ikan sekitar 5 ekor, sediakan akuarium dengan ukuran 20 x 30 cm atau bisa lebih besar lagi.

Setelah mmempersiapkan akuarium, sediakan juga hiasan untuk akuarium, bisa dengan tanaman air dan bebatuan, karena selain sebagai hiasan, bisa juga menjadi tempat persembunyian anakan ikan mickey mouse, apabila ikan sampai bertelur nantinya.

Namun taruhlah secukupnya, jangan sampai berlebihan. Karena jika terlalu banyak benda di dalam akaurium bisa menimbulkan air menjadi lebih cepat keruh.

Kemudian selanjutnya, untuk menjaga kebersihan akuarium, siapkan pompa air dan filter untuk menyaring kotoran di dalam akuarium. Karena dengan menjaga kebersihan, tentunya bisa mengurangi resiko ikan hias terkena serangan berbagai macam penyakit.

Agar ikan bisa hidup lebih tenang dan tidak stres, usahakan juga memberikan pengatur suhu, ikan hias mungil ini idealnya hidup dengan tentram pada pada suhu 64 – 77 F (18 – 25 C), sedangkan kadar pH airnya antara 7,0 sampai 8,2.

Setelah semuanya sudah terpenuhi, maka selanjutnya adalah memasukan ikan mickey mouse ke dalam akuarium.

Selalu jaga kebersihan akuarium, agar ikan tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam serangan penyakit. Salah satu penyebab air akuarium cepat keruh adalah karena pemberian pakan ikan atau pelet yang berlebihan.

Dalam memberi makanan, cukup 2 kali sehari dan juga tidak boleh terlalu banyak jumlahnya, karena semakin banyak memberi makan pada ikan, tentunya potensi kotoran ikan yang dihasilkan menjadi lebih banyak.

Untuk menjaga kebersihan akuarium, setidaknya lakukan penggantian air secara teratur, apabila dirasa air sudah mulai keruh. Setidaknya 4 hingga 5 minggu sekali, sudah cukup.

Makanan Ikan Mickey Mouse yang Bagus Supaya Cepat Besar

Ikan Mickey Mouse Cantik

Karena ikan ini merupakan ikan monivora, yang artinya ikan ini akan memakan apa saja yang bisa di makan di dalam akuarium. Namun untuk meningkatkan kualitas warna ikan dan pastinya agar ikan lebih cepat besar.

Usahakan memberikan makan alami, seperti kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, dan lainnya.

Namun kamu bisa memberikan makanan tersebut hanya sebagai selingan saja, kamu bisa memberikan makanan utama dengan pelet ikan hias dan selinagnya dengan memberikan makanan alami tadi.

Karena menemukan makanan alami tidak semudah menemukan pakan pabrikan yang bisa dibeli dengan mudah di toko ikan hias. Untuk pakan alami memang jarang yang membudidayakannya atau bisa membudidaya sendiri namun cukup merepotkan.

Harga Ikan Hias Mickey Mouse di Pasaran

Harga Ikan Platy Mickey Mouse

Ikan yang cantik dan mungil ini tergolong ikan yang memiliki harga murah, harga pasarannya tidak sampai Rp 5.000 per ekornya.

Biasanya untuk ikan mickey mouse kecil harganya sekitar Rp 2.000 dan untuk ikan yang sudah cukup dewasa dan memiliki keindahan warna yang cantik, harganya berkisar antara Rp 5.000 setiap ekornya, bahkan bisa lebih mahal lagi.

Baca Juga : Inilah Ikan Hias yang Hidupnya Bergerombol

Demikian Artikel tentang Ikan Platy Mickey Mouse, dari ciri cirinya, cara merawat, hingga harga pasarannya. Semoga bisa membantu kamu yang sedang membutuhkan informasi seputar ikan mickey mouse dan ingin mencoba memeliharanya.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.