Ikan Hias Kecil

Ada banyak sekali jenis ikan hias kecil yang bisa kamu gunakan untuk menghiasi aquarium kamu loh. Daripada bingung, simak ulasan Ikan hias kecil tercantik untuk menghiasi Aquarium kamu di rumah, cek yuk!

Memelihara ikan hias bisa menjadi pengisi waktu luang di saat PSBB Pandemi Covid-19 saat ini, yang waktunya lebih banyak dihabiskan di rumah.

Ikan Hias Kecil Tercantik untuk Menghiasi Aquarium

1. Ikan Cupang

Ikan Cupang

Siapa sih yang tidak mengenal ikan hias cantik yang satu ini? Cupang, merupakan ikan hias yang paling banyak dipelihara, karena selain warnanya yang cantik, ikan cupang juga merupakan jenis ikan yang sangat mudah dipelihara.

Ikan cupang sendiri dibagi menjadi 2 golongan, yaitu Ikan Cupang Hias dan Aduan, untuk jenis aduan ikan tersebut sebaiknya tidak digabungkan dengan ikan lain, karena dia bisa menyerang ikan lain.

Baca Juga : Harga Ikan Cupang

2. Ikan Platy

Ikan Platy

Ikan platy merupakan jenis ikan hias mungil yang sangat cantik dan cocok untuk dipelihara bagi para pemula untuk menghiasi aquarium.

Selain itu ikan hias ini juga cinta damai, yang bisa digabungkan dengan berbagai jenis ikan kecil lainnya.

3. Ikan Guppy

Ikan Guppy Blue Moscow Albino

Salah satu ikan yang paling direkomendasikan jika ingin memeiliki ikan hias yang cantik namun dengan harga yang cukup murah adalah Ikan Guppy.

Sekilas ikan ini mirip dengan ikan cupang, jika orang awam melihatanya pasti akan menamai ikan guppy dengan ikan hias cupang.

Selain ikan ini memiliki corak warna yang cantik cantik, seperti halnya ikan cupang, ternyata ikan hias cantik yang satu ini juga sangat suka hidup secara bergerombol loh.

Baca Juga : Harga Ikan Guppy

4. Ikan Molly

Ikan Molly

Ikan hias ini merupakan ikan yang cocok untuk kamu yang ingin mulai belajar memelihara ikan hias.

Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara dan pastinya tidak mudah terkena penyakit. Namun dengan catatan kamu harus menjaga kebersihan akuarium ya.

5. Ikan Pedang

Ikan Pedang

Nah ikan yang satu ini merupakan ikan hias yang sangat populer karena keindahan ekornya, ekor ikan ini memiliki ciri khas yaitu memanjang dan lancip mirip dengan pedang. Warna ikan pedang juga sangat beragam dan tentunya warnanya juga sangat menarik.

6. Ikan Zebra

Ikan Zebra

Ikan hias kecil mungil, yang satu ini cukup unik nih. Warna ikan ini bercorak hitam putih, seperti hewan zebra. Ikan ini sangat zinta damai dengan ikan hias lain

Jadi apabila ingin memeelihara ikan ini dengan ikan hias lainnya its oke, bisa menambah keciantikan akuarium kamu deh.

Namun ikan ini merupakan ikan yang agresif, ikan hias ini sangat suka melompat ke atas, jadi jika ingi memelihara ikan hias ini, kamu harus mempersiapkan penutup akuarium ya, biar ikan ga lompat keluar.

7. Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

Nah ikan yang satu ini juga merupakan ikan yang sangat disukai oleh para pecinta ikan hias, biasanya ikan ini dijadikan sebagai hiasan aquascape.

Karena karakteristik neon tetra merupakan ikan hias kecil yang suka bergerombol, menambah nilai keindahan dalam aquascape tersebut.

Meskipun ikan ini sangat suka bergerombol, namun kamu jangan menggabungkan ikan ini dengan ikan hias yang ukurannya jauh lebih besar ya.

Mengingat ikan ini ukurannya sangat kecil, tentunya dikhawatirkan ikan neon tetra akan dimakan oleh ikan hias lain. Jika ingin menggabungkan, pilihlah ikan yang ukurannya masih seimbang. sepeti halnya ikan guppy dan molly.

8. Ikan Cardinal Tetra

Ikan Cardinal Tetra

Jika dilihat sekilas, ikan ini memang sangat mirip dengan ikan neon tetra, yang sudah dibahas sebelumnya di atas. Namun kedua ika ini merupakan ikan yang berbeda.

Ikan ini memiliki tubuh yang kecil, masih seukuran dengan ikan neon tetra, untuk karakteristik ikan juga hampir sama, keduanya merupakan ikan hias kecil bergerombol dan bahkan tidak bisa hidup sendirian di dalam akuarium.

9. Ikan Harimau Sumatera

Ikan Harimau Sumatera

Ikan yang satu ini memiliki corak tubuh seperti harimau sumatera, belang oranye dengan hitam. Ikan jenis ini juga merupakan ikan yang hidup bergerombol.

Namun ikan ini sekarang sulit ditemukan, bahkan dikabarkan ikan cantik yang satu ini terancam punah, karena diakibatkan kerusakan lingkungan.

10. Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost

Ikan yang satu ini merupakan ikan yang sangat unik, jika dibandingkan dengan jenis lain yang sudah disebutkan di dalam artikel ini.

Ada banyak nama panggilan untuk ikan yang satu ini, mulai dari ikan bendera, ikan bulu ayam, hingga ikan listrik, ya karena ikan hias ini mampu mengalirkan arus listrik.

11. Ikan Lemon

Ikan Lemon

Ciri khas dari ikan ini adalah memiliki warna kuning di hampir seluruh tubuhnya, selain pada siripnya yang memiliki corak warna hitam.

Perawatn ikan ini juga cukup mudah dan tidak memerlukan perawatan yang sulit, yang terpenting air akuarium tetap bersih dan makanan tercukupi.

Baca Juga : Harga Ikan Lemon

12. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

Ikan jenis ini merupakan ikan yang sangat populer, ikan ini bisa hidup berdampingan dengan berbagai jenis ikan hias.

Ikan Koki, juga tak kalah populer dengan ikan hias lainnya, ikan ini memiliki karaktreristik bentuk tubuh bulat seperti ikan yang sedang hamil.

13. Ikan Komet

Ikan Komet

Ikan ini masih satu keluarga dengan ikan mas, namun ikan ini memiliki ekor yang cukup panjang yang menjadi karakteristik ikan komet.

Selain ekornya yang panjang warna ikan komet juga cerah dan cantik.

Demikianlah Daftar Ikan Hias Kecil untuk Menghiasi Aquarium, semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang akan memelihara ikan hias.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.