Ikan Arwana Termahal

Diposting pada

Ikan arwana merupakan jenis ikan hias air tawar yang bernilai ekonomi tinggi. Ikan bernama latin Scleropages formosus ini menjadi salah satu peliharaan yang populer.

Ikan arwana memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Julukan sebagai ikan arwana termahal tidak menyurutkan para pencinta ikan hias untuk memelihara ikan arwana. Kalau soal hobi persoalan harga pasti akan dinomor duakan.

Populasi ikan arwana terdapat di berbagai belahan dunia, seperti : Amerika Selatan, Afrika, Asia, bahkan Australia. Ikan arwana yang banyak terdapat di Indonesia termasuk dalam kategori arwana Asia.

Ciri khas ikan arwana Asia diantaranya bentuk badan yang panjang dan letak sirip dubur yang jauh di belakang badan, dan umumnya berwarna perak.

Dalam pemeliharaan ikan arwana, budaya dan kepercayaan orang asia juga berpengaruh besar.

Bagi mereka ikan arwana adalah lambang keberuntungan dan kemakmuran. Jadi, ketika memelihara ikan hias ini pemiliknya dipercaya akan mendapat hoki.

Buat kamu yang ingin menambah koleksi ikan hias, berikut ini adalah jenis ikan arwana tercantik dan terpopuler rekomendasi dari para pencinta ikan hias. Suka Ikan telah merangkumnya dalam ulasan dibawah ini :

Jenis Ikan Arwana Termahal yang Harganya Fantastis

1. Ikan Arwana Brazil (Silver Arowana)

Ikan Arwana Brazil (Silver Arowana)

Karakteristik silver arowana ini adalah bentuk tubuh dan sirip yang panjang berwarna silver.

Ikan arwana jenis ini dapat melompat ke udara dari dalam air untuk menangkap mangsanya, seperti serangga. Untuk ukuran silver arowana dewasa dapat mencapai panjang 1 meter.

Jenis ikan arwana brasil merupakan yang paling banyak ditemukan di Indonesia karena harganya yang terjangkau. Satu ekor ikan arwana brasil biasanya ditawarkan dengan harga sekitar 2 jutaan.

2. Ikan Arwana Banjar (Banjar Red Arowana)

Ikan Arwana Banjar (Banjar Red Arowana)

Ikan arwana banjar memiliki warna merah level 2, namun tidak tampak seperti ikan arwana golden red.

Karakteristik yang paling menonjol dari ikan arwana ini adalah sirip bewarna orange, dan ekor berwarna kekuningan. Panjang tubuhnya dapat mencapai 90 sentimeter.

Buat kamu yang ingin memelihara ikan arwana banjar di akuarium perlu diketahui bahwa mereka sangat aktif bergerak jadi dibutuhkan kapasitas akuarium yang besar. Untuk harga arwana banjar dibandrol sekitar 2 juta per ekornya.

3. Ikan Arwana Red Tail Golden

Ikan Arwana Red Tail Golden

Jenis ikan arwana asia satu ini dikenal juga dengan nama Arwana Golden Red atau Arwana RTG yang berasal dari perairan Riau dan beberapa wilayah di Pulau Sumatera lainnya.

Karakteristik warna pada ikan arwana Golden Red ini adalah berwarna biru, hijau, dan keemasan.

Selain itu sifatnya yang agresif menjadikan ikan arwana Golden Red sulit untuk ditangkap.

Untuk panjang tubuhnya sendiri dapat mencapai 90 sentimeter. Jenis ikan arwana ini biasanya dijual dengan harga sekitar 4,5 juta per ekornya.

4. Ikan Arwana Black Golden (Golden Based Black)

Ikan Arwana Black Golden

Golden Based Black merupakan salah satu jenis ikan arwana termahal yang pernah ada. Karakteristik tubuhnya berwarna emas dan sisik pada bagian sisinya berwarna kehitaman.

Ikan ini banyak ditemukan di wilayah Penang, Malaysia. Namun untuk menemukannya di rawa tidaklah mudah. Hal tersebutlah yang menyebabkan harganya mahal, yakni mencapai 18 juta per ekornya.

5. Ikan Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red

Arwana Super Red biasanya ditemukan hidup liar di sungai Kapuas dan dekat danau di bagian barat Kalimantan, Indonesia. Arwana jenis super red memiliki warna merah mencolok dan atraktif.

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan pecinta ikan hias untuk memelihara dan menjadikannya sebagai ikan hias terfavorit.

Untuk harga arwana super red biasanya dibandrol mulai dari 2 juta sampai puluhan juta per ekornya.

Baca Juga : Makanan Ikan Arwana

6. Ikan Arwana Cross Back Golden

Ikan Arwana Cross Back Golden

Ikan arwana ini memiliki nama lain Pajang golden / Malayan bonytongue / Taiping golden / Malaysia gold.

Karakteristik arwana cross back golden memiliki beberapa tipe warna namun yang paling mencolok ialah warna emas di bagian punggung.

Habitatnya banyak ditemukan di Malaysia, yakni disekitar Perak, Terengganu, danau Bukit Merah, dan Johor.

Dipasaran ikan arwana jenis ini sulit ditemukan, jadi harga ikan tersebut cukup mahal. Harga yang ditawarkan biasanya mulai dari 18 juta per ekornya.

7. Ikan Arwana Hijau (Green Arowana)

Ikan Arwana Hijau

Arwana hijau merupakan ikan yang berasal dari Asia. Ikan ini juga dikenal dengan nama Golden pino.

Tubuhnya memiliki warna yang unik, terdapat perpaduan antara warna kuning, emas, dan hijau yang samar.

Selain itu, arwana hijau memiliki ukuran kepala yang lebih besar dibandingkan dengan ikan arwana asia pada umumnya.

Untuk ukurannya dapat mencapai panjang sekitar 90 sentimeter. Dan untuk harganya dibandrol dengan harga sekitar 4 juta per ekornya.

8. Ikan Arwana Platinum (Platinum Arowana)

Ikan Arwana Platinum

Ikan arwana platinum merupakan ikan arwana tercantik, bahkan menjadi ikan arwana termahal di dunia yang pernah ada. Arwana platinum mempunyai warna tubuh yang memukau dan mengkilap seperti platinum.

Jika dilihat dengan posisi yang dekat tekstrut kulitnya sangatlah halus. Dengan keistimewaan tersebut tidaklah heran jika arwana platinum dibandrol dengan harga sangat mahal bahkan dapat mencapai 5.7 Miliar.

9. Ikan Arwana Batik (Myanmar Arowana)

Ikan Arwana Batik

Arwana Myanmar memiliki corak tubuh yang cantik dan unik. Tubuh ikan ini dipenuhi dengan sisik yang berbentuk seperti pola kain batik, itulah alasan ikan tersebut dijuluki arwana batik.

Untuk warna tubuhnya sendiri terlihat dominan warna perunggu yang berpadu dengan warna silver. Dengan corak yang unik ini arwana batik dibandrol dengan harga sekitar 56 juta per ekornya.

10. Ikan Arwana Papua (Jardini Arowana)

Ikan Arwana Papua

Ikan bernama latin Scleropages jardinii ini berasal dari Australia dan Papua. Tampilan arwana jardini mirip dengan ikan arwana asia, namun warna tubuhnya lebih kuning keemasan tetapi tidak terlalu terang atau mencolok.

Arwana papua dapat tumbuh mencapai ukuran 90 sentimeter dengan berat tubuhnya 17 kilogram. Ikan ini biasa dijual dengan harga sekitar 4 juta per ekornya.

Baca Juga : Penyakit Ikan Arwana

Itulah informasi mengenai Ikan Arwana Termahal yang dapat kami sampaikan.

Apakah setelah membaca artikel ini kamu tertarik untuk memelihara ikan arwana? Atau menambah koleksi jenis ikan arwana yang ada di rumah?

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu. Sekian dari kami, terimakasih.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.