Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

Diposting pada

Kali ini kami akan menjelaskan Bagaimana Cara Budidaya Ikan Neon Tetra dengan Mudah untuk para pemula.

Cara membudidayakan yang dijelaskan kali ini sangat gampang dan tidak memerlukan peralatan khusus, serta yang pasti membuat ikan neon tetra tetap sehat dan tidak mudah sakit bahkan mengalami kematian.

Cara Budidaya Ikan Neon Tetra di Akuarium

Ciri Ciri Ikan Neon Tetra

Tutorial Budidaya Ikan Neon Tetra ini sangat cocok untuk yang sedang ingin belajar cara membudidayakan ikan hias neon tetra, tenang saja jangan khawatir ikan jenis ini merupakan ikan yang cukup mudah untuk dipelihara.

Meskipun seorang pemula, Kamu akan dengan mudah membudidayakannya sendiri di rumah. Ikan Hias Neon Tetra masih tergolong ikan yang hidup di air tawar, ikan ini sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Ukuran ikan yang kecil dan warnanya yang menarik membuat banyak para pecinta ikan hias tertarik untuk memeliharanya dan menaruh ikan hias ini di dalam aquascape mereka.

Salah satu alasan ikan jenis ini sangat sering ditemui di taruh ke dalam aquascape adalah karena sifatnya yang tidak merusak dan selalu tenang.

Ikan Neon Tetra tidak bisa tumbuh besar, ukuran maksimal ikan ini hanya berkisar 2 – 4 cm saja. Ikan Hias ini tergolong cukup kebal terhadap penyakit, maka dari itu resiko ikan mati akan semakin kecil.

Mempersiapkan Induk Ikan Neon Tetra

Memilih Induk Neon Tetra

Sebelum ke topik pembahasan cara mudah budidaya ikan hias neon tetra, sebaiknya Kamu mempersiapkan Bibit Ikan Neon Tetra terlebih dahulu.


Kamu bisa memperolehnya di pasar ikan hias, harga ikan neon murah, untuk 1 ekornya biasanya dijual seharga Rp 2.000 sampai 3.000 saja.

Tips Memilih Indukan Neon Tetra yang Berkualitas Baik

  • Pilih ikan yang warnanya cerah, ikan yang memiliki warna cerah cenderung lebih sehat dibandingkan dengan ikan yang warnanya pucat.
  • Anggota tubuh ikan lengkap, maksudnya tidak cacat fisik.
  • Mempunyai panjang tubuh minimal 2,5 cm.
  • Sudah berumur setidaknya 6 bulan, hal ini untuk mendapatkan bibit ikan yang sudah matang dan siap untuk bertelur.

Cara Membedakan Neon Tetra Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Neon Tetra Jantan dan Betina

1. Ikan Neon Tetra Jantan

  • Ikan pejantan memiliki tubuh lebih kecil daripada betina.
  • Dan Tubuhnya lebih panjang.
  • Warna sisik ikan lebih terang dan begitu kontras daripada ikan betina.
  • Ikan Neon Jantan pergerakanna lebih agresif.
  • Pada musim breeding ikan akan terus mengejar ikan betina.

2. Ikan Neon Tetra Betina

  • Memiliki tubuh yang lebih gemuk dan lebar daripada ikan neon betina.
  • Pergerakan ikan betina lamban atau tidak seagresif ikan jantan.
  • Bentuk tubuhnya lebih pendek.
  • Warna ikan gelap dan warnanya tidak secerah pejantan.
  • Pada saat musim breeding tiba, ikan akan dikejar kejar ikanjantan.

Nah setelah kamu mengetahui perbedaan fisik antara ikan jantan dan betina, menurut kamu manakah yang paling mudah untuk diamati?

Kalau menurut admin sih dari ukuran tubuh dan warna ikan, karena bisa dilihat dengan mudah tanpa harus mengamati secara detail.

Usahakan untuk mempersiapkan indukan jantan dan betina dengan perbandingan 1 : 1, usahakan isi minimal dengan 3 ikan jantan dan 3 betina dan maksimal 6 pasang ikan neon tetra.

Baca Juga : Penyebab Warna Ikan Neon Pudar

Menyiapkan Tempat Pemijahan

Akuarium Pemijahan

Persiapan untuk membudidaya ikan hias yang pertama adalah siapkan wadah untuk memijahkan ikan neon tetra. Bisa menggunakan bak besar, ember, kolam ikan, maupun Akuarium.

Dan untuk tutorial kali ini saya menggunakan akuarium sebagai tempatnya. Karena dari segi ukuran yang kecil, untuk memantau perkembangan ikan juga cukup mudah.

Kemudian berapa ukuran Akuarium yang cocok untuk pemijahan?

Ukuran akuarium sebaiknya mempersiapkan ukuran minimal panjangnya 40 cm, lebar 20 cm, tinggi 20 cm.

Kemudian sebagai tambahan warna warni akuarium kamu bisa menempelkan gambar tumbuhan laut di belakang akuarium.


Selain itu sebaiknya tambahkan bermacam tanaman air yang hidup ke dalam kolam akuarium, tanaman ini berfungsi untuk tempat telur telur ikan neon tetra nantinya.

Namun Kamu harus memastikan bahwa tanaman akuarium yang dimasukan bersih tidak ada partikel atau hewan kecil yang hidup di tanaman tersebut, hal ini untuk menjaga kelangsungan hidup anak ikan neon tetra nantinya.

Usahakan selalu jaga suhu air diantara 22 hingga 24 derajat celcius, serta Kamu juga harus memperhatikan keasaman air di dalam akuarium, sebaiknya  gunakan air dengan tingkat pH air 6.

Untuk memperoleh air akuarium yang bagus, Kamu bisa mengendapkan air selama 1 hari atau 24 jam.

Baca Juga : Harga Ikan Neon Tetra

Proses Pemijahan Ikan Neon Tetra

Langkah selanjutnya kita masuk ke tahap pemijahan. Setelah tadi sudah mempersiapkan semuanya, mulai dari akuarium dan mengisinya dengan air, serta sudah menyiapkan indukan ikan neon tetra, sekarang kita masuk ke tahap utama yaitu pemijahannya.

Pertama, masukan seluruh indukan ikan neon tetra ke dalam Akuarium yang telah disiapkan dengan berbagai tanaman hias untuk membantu kelangsungan proses pemijahan.

Kemudian jangan lupa untuk menutup akuarium dengan plastik, tujuannya untuk menghindari masuknya debu ke dalam akuarium yang dapat mengotori akuarium dan mengganggu proses pemijahan.

Namun sebelum menutup akuarium, berilah makanan bergizi yang cukup. Selanjutnya tuutup semua bagian akuarium sampai tertutup semua dan di dalam akuarium sudah gelap.

Biarkan selama 3 hari, karena ikan neon tetra hamil sekitar 2 hari setelah perkawinan dengan pejantan. Setelah itu pisahkan ikan indukan dengan anaknya, pindahkan ke tempat yang berbeda.

Kemudian tutup kembali akuarium rapat rapat, jangan sampai ada cahaya yang masuk. Hal ini untuk menjaga kelangsungan hidup telur neon tetra. Tunggu hingga 24 jam atau lebih sampai telur ikan menetas.

Namun tidak semua telur akan menetas, hal ini karena telur tersebut tidak terkena sel telur ikan jantan dan telur yang tidak menetas akan mati.

Ikan yang baru menetas, tidak perlu diberi makanan selama 4 hari, setelah kandungan kuning telur habis, makanan untuk burayak neon tetra, Kamu bisa memberi rotifera.

Selama 1 minggu usahakan akuarium harus tetap tertutup untuk menjaga kesehatan anak ikan neon tetra, selama itu bibit ikan harus selalu diberi makan secara rutin.

Pembesaran Burayak Neon Tetra

Memberi Makan Ikan Neon Tetra

Setelah ikan berumur 1 minggu, pindahkan anak ikan neon tetra ke akuarium yang lebih besar.

Dalam memindahkan burayak ke akuarium baru, air yang lama harus ikut dimasukkan ke dalam akuarium yang baru, dan pastikan Kamu memindahkannya pada pagi hari.

Pemberian pakan pada anak ikan neon tetra, Kamu bisa memberinya dengan makanan alami, seperti cacing beku, cacing sutra, atau bisa juga micropelet setiap 2 kali sehari.

Untuk menjaga air tetap steril dan anakan ikan neon tetra tetap sehat, gantilah air di dalam akuarium selama 2 atau 3 minggu sekali.

Perlu diperhatikan dalam mengganti air, air tersebut harus disuling terlebih dahulu atau diendapkan selama 24 jam.

Jika Kamu ingin lebih menghemat air pasang lah filter pada akuarium tersebut dan usahakan filter tidak memiliki rongga yang besar, dikhawatirkan anakan neon tetra bisa kesedot ke dalam filter akuarium.

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra dapat Kamu jadikan sebagai bisnis rumahan yang menjanjikan, bisa menjadi penghasilan sampingan dari gaji kerja Kamu, lumayan bukan, bisa dapet penghasilan tambahan?

Karena bisnis budidaya ikan neon tetra tergolong mudah untuk dirawat dan harga per ekor ikan neon tetra juga cukup mahal, peluang bisnis budidaya ikan neon tetra masih menjanjikan loh.

Tunggu apalagi jangan sia siakan peluang bisnis sampingan di rumah ini, karena persaingan bisnis ikan neon tetra masih sangat sedikit.

Demikain Cara Mudah Budidaya Ikan Hias Neon Tetra, sangat mudah bukan caranya, yang diperlukan agar proses budidaya ikan ini berhasil adalah kesabaran dan ketekunan untuk merawat ikan selama proses pemijahan.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.